ASSALAMUALAIKUM
Welcome My Blog

Kamis, 12 Oktober 2017

CARA MENGGAMBAR SKETSA DESAIN

  1. 1
    Gambarlah sketsa orang. Ketika merancang busana, Anda perlu memikirkan bagaimana pakaian tersebut saat dipakai di badan. Itu sebabnya kebanyakan perancang menggambar rancangan mereka dalam bentuk manusia. Anda bisa merasa tertekan dan kehabisan waktu jika menggambar sketsa orang dari awal setiap kali membuat rancangan. Karena itu, banyak perancang membuat sketsa orang.[11] Ini hanya suatu model yang dapat Anda pakai setiap kali Anda menggambar sketsa pakaian baru. Anda perlu mulai menggambar sketsa (outline) orang dengan pensil. Ini merupakan suatu prospek yang bisa membuat kita merasa tertekan, tetapi tidak perlu dibuat sulit.
    • Jika Anda tidak terlalu tertekan, menggambarlah dengan bebas. Di sini gambar Anda tidak perlu benar secara anatomi, dan kebanyakan gambar sketsa orang yang dibuat para perancang itu menunjukkan gaya yang personal. Rancangan Anda akan tampak lebih unik pada sketsa yang Anda gambar sendiri. Jangan mencemaskan detail yang kecil-kecil; bayangkan saja gambar Anda seperti manekin dua dimensi.
    • Jika Anda merasa tidak bisa menggambar sketsa orang dari awal, pakailah gambar orang lain. Jiplak gambar dari buku atau majalah, atau unduh salah satu dari ratusan model sketsa orang yang bebas diunduh di internet.[12][13]
    • Banyak perancang menggunakan suatu metode yang disebut 9 kepala agar gambar mereka proporsional ukurannya.[14] Pakailah satu kepala sebagai unit ukuran, dan gambarlah satu tubuh yang ukurannya sembilan kepala dari kaki sampai puncak leher.[15]
      • Gambarlah garis lurus, lalu bagilah menjadi 10 bagian sama panjang. Ini menjadi panduan Anda saat menggambar.
      • Bagian 1 dimulai persis di bawah kepala, lalu ukur badan mulai dari bagian teratas leher sampai tengah dada; bagian 2 diukur mulai dari tengah dada sampai pinggang; bagian 3 dari pinggang sampai bagian bawah pinggul; bagian 4 dari bagian bawah pinggang sampai tengah paha, bagian 5 dari tengah paha sampai lutut, bagian 6 dari lutut sampai tengah betis, bagian 7 dari atas betis sampai pertengahan betis, bagian 8 dari tengah betis sampai tumit, dan bagian 9 adalah bagian kaki.[16]
  2. 2
    Jiplak gambar orang dengan pena hitam. Taruh kertas di atas gambar orang tersebut, lalu jiplaklah. Pakailah tinta hitam untuk menjiplak gambar orang itu.[17]
  3. 3
    Jiplak gambar orang tersebut pada kertas yang lain. Untuk langkah ini Anda tidak memerlukan pena, tetapi pakailah pensil. Taruh selembar kertas putih polos di atas sketsa gambar orang yang baru saja Anda gambar. Gambar itu bisa terlihat dengan relatif jelas selama Anda menggunakan pena hitam dan kertas Anda tidak terlalu tebal.[18]
    • Jika Anda punya kotak berlampu (lightbox atau semacam meja kaca dengan lampu di bagian dalamnya), ini saat yang tepat untuk menggunakannya. Taruh gambar orang tersebut di dalam kotak berlampu, letakkan kertas kosong di atasnya, lalu nyalakan kotak berlampu Anda, dan mulailah menjiplak.
    • Jika Anda tidak punya kotak berlampu dan kesulitan melihat gambar dari balik kertas, coba tempelkan kedua kertas itu pada jendela saat hari terang. Mungkin ini posisi yang aneh untuk menjiplak, tetapi efeknya pada dasarnya sama seperti jika Anda memakai kotak berlampu.
  4. 4
    Mulai gambar sketsa rancangan Anda. Dengan menggunakan pensil supaya Anda bisa menghapus kesalahan yang tak terhindarkan, gambarlah tipis-tipis bentuk busana yang Anda bayangkan. Mulailah dengan hal yang umum seperti bentuk dasar busana, lalu perlahan-lahan tambahkan detailnya saat rancangan tersebut sudah terbentuk. Ketika Anda sudah puas, tebalkan seluruh gambar dengan pena.[19]
  5. 5
    Warnai rancangan Anda. Anda dapat menggunakan alat gambar apa pun yang Anda sukai pada tahap ini. Anda terutama bisa menggunakan spidol dan pensil warna karena cocok untuk membuat lapisan. Mulailah dengan warna paling terang yang ingin Anda gunakan, dan warnai daerah yang lebih lebar dengan pulasan yang panjang dan konsisten, yang gerakannya sama dengan arah pada kain. Perlahan-lahan tambahkan warna yang lebih gelap, pola, dan bayangan sembari Anda mewarnai.[20][21]
  6. 6
    Ulangi jika diinginkan. Sekarang setelah Anda punya gambar sketsa orang, tentu Anda bisa lebih cepat memulai membuat rancangan yang baru.                                                                                                                                                                                                                                                                                                       Sumber:  https://id.wikihow.com/Mendesain-Pakaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian desain multimedia

Desain Multimedia adalah salah satu mata pelajaran paket Multimedia (MM) pada program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berd...